Skenario Pembelajaran
Skenario pembelajaran yang baik adalah
skenario pembelajaran yang memiliki proporsi materi yang singkat, padat dan
jeas pada penyampaiannya , namun memberikan efek pendalaman materi dalam setiap
tugas yang diberikan khususnya dalam konsep E-learning kita sebagai guru
sebaiknya dapat membuat skenario pembelajaran yang tak hanya bersifat edukasi
namun juga bersifat hiburan agar murid lebih tertarik pada pembelajaran yang
kita berikan , sehingga mereka dapat meninggalkan dunia animasi seperti game
online dan facebook.
Skenario pembelajaran yang baik memerlukan
validasi dari para ahli, yaitu orang mengerti lebih dalam tentang hal-hal utama
dalam penyusunan skenario pembelajaran, proporsi yang diberikan dan tugas-tugas
yang relevan dan berkaitan dengan materi yang diberikan,tentunya didukung
dengan kuis-kuis sebagai variasi pembelajaran.
Pengujian atau validasi dimaksudkan untuk
menguji kebenaran materi, soal-soal dan tugas yang kita telah buat apakah telah
benar dan sesuai dengan aturan-aturan didalam skenario pembelajaran yang baik,
lebih dari itu validasi menjadi sarana yang baik dalam penyempurnaan skenario
pembelajaran yang kita miliki.
Dalam proses validasi kita akan mendapatkan beberapa
kritik dan saran yang membangun dapat berasal dari guru dan dosen bahkan teman
yang kita rasa mampu dan kompeten dalam pembuatan skenario pembelajaran demi kesempurnaan
karya yang sedang kita buat, pada akhirnya kita akan melakukan berberapa kali
perbaikan dan mempresentasikannnya dalam beberapa pertemuan kepada orang yang
lebih memahami tentang skenario pembelajaran hingga hasil karya kita dalam
bentuk skenario pembelajaran dapat kita terapkan dalm proses kegiatan belajar-mengajar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar