Kamis, 25 Februari 2016

Review 02





      

 


3 unsur pokok Kegiatan Belajar Mengajar (KBM)
1) Murid : seseorang dengan kesungguhan hati dan kesadaran diri untuk belajar dan      mencari ilmu pengetahuan sebanyak mungkin dengan niat lillahi taala karena Allah SWT.
2) Guru : seseorang dengan penuh keikhlasan memberikan dan mengamalkan pengetahuan yang ia miliki  kepada murud- muridnya dengan niat ibadah kepada Allah SWT.
3) Lingkungan Belajar : sebuah sarana yang mendukung adanya interaksi antara murid dan guru sehingga proses kegiatan Belajar Mengajar dapat terwujud, sarana tersebut tidak harus berbentuk fisik seperti kelas dan ruangan yang nyaman sehingga murid dan guru dapat bertemu/bertatap muka secara langsung dalam satu tempat di waktu yang sama , tetapi bisa juga menggunakan sebuah aplikasi yang dinamakan LMS(Learning Management System) yang memungkinkan murid dan guru tidak bertemu secara langsung di satu tempat pada waktu yang sama, sehingga proses pembelajaran dapat berjalan efisien dan lebih maksimal karena tak perlu membuang waktu perjalanan untuk saling bertemu antara murid dan guru dan lebih dari itu dengan LMS(Learning Management System) kita bisa melakukan proses pembelajaran menyeluruh ke seluruh Indonesia yang terjangkau internet , terlebih kita juga bisa melakukan proses pembelajaran dengan murid atau guru dari negara lain.


Learning Management System adalah sebuah aplikasi perangkat lunak(software) online yang menunjang peroses kegiatan E-Learning.
Learning Management system memiliki beberapa keunggulan yaitu:
1)Mengelola materi dan metode pembelajaran seorang guru yang dapat dilihat namun tidak dapat diubah oleh setiap orang  di dunia yang log in sebagai murid di dalam LMS tersebut.
2)Memberikan sarana pembelajaran yang efektif dan efisien , karena bersifat online sehingga dapat digunakan diseluruh duni yang tersambung internet.
Beberapa LMS (Learning Management System) adalah:
a) https://www.schoology.com               (schoology)
b) https://canvas.instructure.com            (canvas)
Untuk bergabung dan menggunakan aplikasi tersebut anda harus login dan mengisi beberapa biodata.bagi guru yang ingin menggunakan aplikasi tersebut  sebagai media E-Learning maka anda terlebih dahulu login sebagai guru/ as a teacher lalu membuat sebuah kelas dimana kelas tersebut akan memiliki kode kelas dan hanya murid- murid yang mengetahui kode kelas tersebut yang dapat mengakses dan menjadi murid anda.



Daftar pustaka
https://www.schoology.com kamis pukul 23.37

Tidak ada komentar:

Posting Komentar